Bintara TNI Asal Papua Dilatih Mengolah Limbah Batok Kelapa di Purbalingga

Bintara TNI Asal Papua Dilatih Mengolah Limbah Batok Kelapa di Purbalingga
7 orang Bintara TNI asal Papua sedang berlatih mengolah limbah batok kelapa di kompleks UMKM Irusan Purbalingga Wetan, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

PURBALINGGA - Sebanyak 7 orang Bintara abituren (lulusan) Pendidikan Kejuruan Bintara Otonomi Khusus (Dikjurba Otsus) TNI AD Tahun 2021 di Kodam IV/Diponegoro yang berasal dari Kodam XVIII/Kasuari yang kini tengah melaksanakan kegiatan latihan kerja (OJT) aplikasi atau praktek pendalaman materi teritorial di Kodim 0702/Purbalingga, turut dikenalkan berbagai potensi ekonomi dan sosial masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Purbalingga.

Salah satunya mereka dikenalkan adanya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berbasis  kreatifitas masyarakat berupa pengolahan batok kelapa dan limbah kayu maupun batang kulit kelapa menjadi barang rumah tangga yang bernilai jual di kompleks UMKM Irusan Purbalingga Wetan, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Rabu, (11/8/2021).

Menurut Pelda Yohanes Bagus, Bati Puanter Kodim 0702/Purbalingga selaku koordinator lapangan dalam kegiatan ini menuturkan jika melalui materi yang dikenalkan ini diharapkan dapat menjadi bekal mereka nantinya melaksanakan tugas menjadi seorang Babinsa di daerah asal mereka yaitu di daerah Papua Barat.

"Selain materi pokok tentang teritorial dan pembinaan masyarakat, kita kenalkan juga potensi kreatifitas ekonomi masyarakat di Purbalingga sebagai bekal mereka menjadi Babinsa di daerah asal mereka, " ungkapnya.

"Di Papua Barat daerah mereka berasal juga banyak terdapat pohon kelapa, tidak menutup kemungkinan masyarakat di Purbalingga bisa bekerja sama dengan mereka baik pasokan bahan baku maupun pengembangan pemasarannya melalui Bintara Otsus ini, " sambung Pelda Yohanes.

Di sisi lain, Serda Maykel Nauw salah satu Babinsa Otsus yang mengikuti kegiatan ini menuturkan jika dirinya baru mengerti bila batok kelapa maupun limbah kayunya dapat digunakan menjadi barang bernilai jual untuk menambah pemasukan ekonomi.

"Selama ini di tempat kami batok kelapa hanya dipakai bakar ikan saja dan kayu hanya kita pakai buat kayu bakar saja. Ini pengalaman buat kami yang akan kami tularkan kepada masyarakat Papua nantinya atau nanti bisa kita kerjasama dengan masyarakat Purbalingga karena di Papua banyak pohon kelapa, " ungkapnya.

Sedangkan Amin, salah satu pegiat UMKM batok kelapa di Purbalingga Wetan ini juga turut antusias menyambut kedatangan para Bintara Otsus dari Papua dan berharap dapat saling bekerja sama ke depannya.

"Sesampainya di Papua bisa nanti kita sambung komunikasi, mana tahu dapat bekerja sama memasok bahan baku yang lebih murah atau sebagai tempat baru memasarkan produk kami, " harapnya. (SF/RP)

Jawa Tengah Purbalingga
Ratna Palupi

Ratna Palupi

Previous Article

Bintara Otsus dari Papua Diajarkan Mengolah...

Next Article

Sambut HUT RI, Persit, Purnawirawan dan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Afrizal verified

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 307

Postingan Tahun ini: 2901

Registered: Sep 25, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 272

Postingan Tahun ini: 2462

Registered: Feb 19, 2021

Herman Djide. B

Herman Djide. B verified

Postingan Bulan ini: 196

Postingan Tahun ini: 2422

Registered: Sep 22, 2020

Pardal Riyanto

Pardal Riyanto

Postingan Bulan ini: 114

Postingan Tahun ini: 550

Registered: May 7, 2021

Profle

Joni Hermanto

Diduga Kubur Pasien Negatif Covid Dengan Cara Pemakaman  Positif. RSUD Panglima Sebaya Digruduk Masa
Ronny D Daniel, Pejuang Kemanusiaan Itu Tutup Usia
Kejaksaan Agung Perintahkan Kajati sumbar dan Kajari Pessel Segera Eksekusi Bupati Pessel
Bermodalkan Ponsel Berkedok Wartawan Datangi SPBU Sangbua

Follow Us

Recommended Posts

Giliran Situs Resmi BSSN Jadi Korban Peretasan
5 HP Samsung Kelas Mid Range dengan Kamera Ciamik
Kapolres Magelang; Jangan Lengah, Selalu Patuhi Prokes Covid 19
Sugiri: Pembangunan Jembatan Sungai Serayu Pengalongan - Mandirancan Capai 50 Persen Lebih
Dukung Polri Berantas Pinjol Ilegal, Pakar Hukum Pidana Tawarkan Dua Alternatif Penyelesaian Hukum