PILKETOS SMKN 1 Kaligondang Masa Bhakti 2021/2022, Pembelajaran Demokrasi Siswa

PILKETOS SMKN 1 Kaligondang Masa Bhakti 2021/2022, Pembelajaran Demokrasi Siswa
Tahap Kampanye secara Online PILKETOS SMKN 1 Kaligondang masa bhakti 2021/2022 (FOTO: Osis SMKN 1 Kaligondang for Indonesia Satu)

PURBALINGGA - Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMKN 1 Kaligondang diselenggarakan satu tahun sekali yang biasa dikenal dengan istilah Pemilihan Umum Ketua OSIS (PILKETOS). PILKETOS merupakan pembelajaran praktik berdemokrasi di tingkat sekolah menengah dengan penyelenggara  oleh peserta didik diharapkan bisa memberikan bekal pengalaman yang berguna dimasa mendatang dalam menghadapi proses demokrasi yang lebih luas, seperti Pemilu. Peserta didik diperkenalkan tata cara dan tahapan yang ideal dalam pelaksanaan PILKETOS sebagai bagian dari proses demokrasi.

Menurut Ari Budi Prihandoko, S.Pd selaku pembina OSIS saat dikonfirmasi menyampaikan, PILKETOS SMKN 1 Kaligondang masa bhakti 2021/2022 telah dilaksanakan secara Online pada Selasa - Rabu, tanggal 21 - 22 Sepetember 2021. Pelaksanaan PILKETOS ini diharapkan dapat memberikan hasil pemilihan yang berintegritas dan dapat dipertanggungjawabkan, Jumat (24/9/2021).

Ari mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas penyelenggaraan PILKETOS ini, dimana terjalin kerjasama yang baik dari semua stakeholder sekolah, baik dari kepala Sekolah, kesiswaan, unsur guru, staf TU maupun peserta didik.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi, bahu-membahu menyelesaikan tahapan pemilihan ini, ” ucap Ari.

Sementara kepala sekolah Maryono, S.Pd., M.Si menyampaikan, kegiatan ini merupakan ajang praktik pembelajaran siswa dalam berdemokrasi secara modern di era digital seperti sekarang di tengah pandemi Covid-19. Maryono meminta semua warga sekolah untuk berpartsipasi menggunakan hak pilihnya.

“Mohon untuk diikuti penyampaian visi misi Paselon 1 dan 2 serta gunakan hak pilih dengan baik, ” kata Maryono saat mengambil apel Senin lalu.

Beberapa tahapan dalam penyelenggaraan PILKETOS di sekolah tersebut diantaranya, sosialisasi, pemutahiran data pemilih, penentuan bakal calon, pengundian dan penetapan nomor urut, kampanye, debat calon Ketua Osis, hari tenang sampai hari H pemilihan.

Berdasarkan hasil perolehan pemilihan secara Online dari 2 calon, Paslon 1 Ardan Farihun ‘Alim dan Mei Nurlely memperoleh 383 suara, Paslon 2 Catur rakhman S. dan Elfiana Tri Khasanah memperoleh 390 suara dengan total prosentase partisipasi warga sekolah 49 persen. Dengan demikian Paslon 2 terpilih sebagai Ketua OSIS dan wakil. (RP)

Jawa Tengah Purbalingga
Ratna Palupi

Ratna Palupi

Previous Article

Kodim Purbalingga Turut Amankan Kunjungan ...

Next Article

PTM Dihentikan, Vaksinasi Pelajar Dikebut

Related Posts

Peringkat

Profle

Afrizal verified

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 307

Postingan Tahun ini: 2901

Registered: Sep 25, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 272

Postingan Tahun ini: 2462

Registered: Feb 19, 2021

Herman Djide. B

Herman Djide. B verified

Postingan Bulan ini: 196

Postingan Tahun ini: 2422

Registered: Sep 22, 2020

Pardal Riyanto

Pardal Riyanto

Postingan Bulan ini: 114

Postingan Tahun ini: 550

Registered: May 7, 2021

Profle

Joni Hermanto

Diduga Kubur Pasien Negatif Covid Dengan Cara Pemakaman  Positif. RSUD Panglima Sebaya Digruduk Masa
Ronny D Daniel, Pejuang Kemanusiaan Itu Tutup Usia
Kejaksaan Agung Perintahkan Kajati sumbar dan Kajari Pessel Segera Eksekusi Bupati Pessel
Bermodalkan Ponsel Berkedok Wartawan Datangi SPBU Sangbua

Follow Us

Recommended Posts

Giliran Situs Resmi BSSN Jadi Korban Peretasan
5 HP Samsung Kelas Mid Range dengan Kamera Ciamik
Kapolres Magelang; Jangan Lengah, Selalu Patuhi Prokes Covid 19
Sugiri: Pembangunan Jembatan Sungai Serayu Pengalongan - Mandirancan Capai 50 Persen Lebih
Dukung Polri Berantas Pinjol Ilegal, Pakar Hukum Pidana Tawarkan Dua Alternatif Penyelesaian Hukum